Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, BAZNAS Kalsel Luncurkan Zmart

oleh -31 views

Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kalsel, Luncurkan program Z-Mart dan penyerahan bantuan dana dan pelatihan untuk 10 warung di kota Banjarbaru pada Senin (18/10/2021) di Aula Linggangan Intan DPRD.

BANJARBARU, koranbanjarmasin.com – Wakil Ketua 2 Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan BAZNAS Kalsel, Gurdani Syukur mengatakan, peluncuran Z-Mart ini sesuai dengan UU Nomor 23 tahun 2021 dan Peraturan Pemerintah Nomor 14 tahun 2014 tentang pengelola zakat.

Ia menyampaikan, pelaksanaan Zmart merupakan hasil kerajsama dengan Kota Banjarbaru berserta BAZNAS Provinsi Kalsel, melalui hasil Rakor BAZNAS bersama BAZNAS kabupaten/kota se Kalsel.

“Dengan adanya Zmart ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat apalagi pada masa-masa pandemi seperti ini,” ucapnya.

Bentuk bantuan berupa permodalan dan renovasi tempat untuk pedagang kaki lima, khususnya yang berjualan sembako.

Plt Ketua Baznas Kota Banjarbaru Hj Hamidah menyampaikan, bantuan ini menjadi langkah pertama dalam program Z-Mart, apabila warung atau pemilik usaha berhasil mengembangkan usaha maka akan diberikan beberapa bantuan lagi.

“Bantuan yang diberikan Baznas di Kota Banjarbaru total keseluruhan ada Rp 5 juta, tiga juta rupiah untuk modal dan dua juta rupiahnya lagi untuk renovasi tempat usaha,” tuturnya.

Hamidah menambahkan, pihaknya akan terus memonitor warung yang mendapatkan dan akan diberi pelatihan, edukasi manajemen di warung.

“Kita lihat kemajuan warungnya, dan kita berharap selain yang menerima bantuan, selain mengelola bantuan yang diberikan juga kita belajar untuk beramaliah sehingga kita berdagang bisa berkah,” tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru, Said Abdullah, juga mengucapkan terimakasih kepada BAZNA Kalsel serta BAZNAS Banjarbaru, atas perhatiannya kepada warga Banjarbaru untuk meningkatkan perekonomian melalui Zmart.

‚ÄúDimana Program Zmart merupakan program pemberdayaan ekonomi dalam bentuk pengembangan warung, toko dengan skala mikro sampai kecil. Kami berharap melalui Zmart ini dapat meningkatkan kapasitas pelaku usaha kecil untuk dapat tumbuh dan berkembang di tengah pasar ritel modern,” terangnya.

(Jwt/slv)

No More Posts Available.

No more pages to load.