Tahukah Anda Pohon Bangkal ? Mulai Jadi Nama Tempat Hingga Bahan Kecantikan

oleh -31 views
Pohon Bangkal. (Foto : Juwita/koranbanjarmasin.com)

Bangkal adalah nama sebuah kelurahan yang berada di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Dinamakan Bangkal karena banyak tumbuh pohon bangkal di wilayah tersebut, hingga dijadikan sebagai bahan dasar buat kecantikan sejak dahulu.

BANJARBARU,koranbanjarmasin.com – Pohon Bangkal itu, sejak ratusan tahun silam memang sudah dikenal dan akrab dengan kehidupan sehari-hari orang bangkal. Kulit batang kayu bangkal itu biasa dijadikan warga setempat sebagai lulur bahkan pupur Bangkal.

Pupur dan lulur bangkal biasanya berfungsi untuk menghaluskan, mengencangkan dan memutihkan kulit. Dengan campuran yaitu dari beras dan buah bengkoang.

Pemilik pohon bangkal Siti Zaleh (75) mengatakan, Karena banyaknya pohon bangkal yang kemudian dimanfaatkan warga sebagai bahan kecantikan, maka tempat ini dinamakan Bangkal atau Kelurahan Bangkal.

“Karena Banyak pohon Bangkal dan setiap rumah warga dulu membuat juga menjual pupur bangkal makanya disebut kelurahan Bangkal,” tuturnya.

Sementara itu, Pembuat pupur bangkal Syamsiah (78) menambahkan, orang-orang sering memakai pupur ini untuk mendinginkan kulit. Jika sering memakainya, maka kulit pun akan putih dan mulus. Pemakainya bisa laki-laki juga perempuan dan untuk segala usia.

“Mereka biasa memakainya di waktu senggang. Waktu pemakaiannya bisa kapan saja, bisa pagi, siang atau malam. Caranya, cukup dicampur dengan air lalu dioleskan ke wajah dan badan,” ucapnya.

Pembuatannya kata Syamsiah, berbahan kayu pohon bangkal. Kayunya dikerik lalu ditumbuk, dibentuk bulat-bulat pipih kemudian dijemur.

Dibeberapa tempat dan wilayah juga banyak menggunakan pupur bangkal saat bercocok tanam, atau pergi ke sawah. Hal itu dilakukan sudah sejak turun temurun untuk mengurangi rasa panas, dan diyakini dapat mengurangi efek dari sengatan matahari. Karena itulah pupur bangkal ini bisa dipakai buat pria maupun wanita.

(Jwt)

No More Posts Available.

No more pages to load.