Sebelum Banjir, Pemerintah Setempat Deteksi Dini Dengan Mengingatkan Warganya Waspada Luapan Air

oleh -30 views

Hujan yang terjadi di kabupaten Hulu Sungai Tengah, Senin (15/11/2021) sejak pukul 03.00 WITA hingga pukul 07.00 WITA d di daerah pegunungan, membuat air sungai meluap, dipastikan air akan turun ke hilir yakni kota Barabai.

BARABAI,koranbanjarmasin.com – Sungai-sungai yang berada di atas gunung dari pagi hari sudah meluap, akibat intensitas air hujan disana sangat deras. Saat ini air di pegunungan sudah mulai berangsur menurun artinya air mengalir ke arah bawah yakni ke kota Barabai. Sehingga dapat mengakibatkan kota Barabai tergenang air kiriman dari gunung.

Dari pantauan koranbanjarmasin.com, Senin (15/11/2021) sekitar pukul 08.40 WITA di Siring Juwita, kondisi air di sungai kota Barabai masih aman.

Aparat pemerintah setempat pun melakukan deteksi dini dengan mengingatkan seluruh warganya yang berada di lereng pegunungan, atau tepian aliran sungai agar tetap waspada, mengingat cuaca ekstrim yang hujan secara terus menerus mengguyur daerah kawasan tersebut.

Imbauan dan pemberitahaun waspada akan ancaman banjir itu, diinformasikan melalui pengeras suara di Masjid-Masjid di kota Barabai.

Parji warga Barabai, saat berada di Siring Barabai mengaku masih was-was juga terhadap kejadian 10 bulan yang silam, “cuma ikut memantau saja perkembangan di Siring Juwita, untuk sementara masih normal,” ujarnya. Dirinya juga berharap mudah-mudahan tidak terjadi seperti 10 bulan yang lalu.

Selain air meluap arus di sungai Barabai cukup deras dan juga membawa sampah serta ranting-ranting yang ikut terbawa arus.

(mj-41)

No More Posts Available.

No more pages to load.