PPKM Level 4 di Tiga Wilayah Kalsel Berlanjut, Ketua YLC; Aneh, Terjadi Penurunan COVID, Tapi Diperpanjang

oleh -28 views
Penerapan PPKM di Kota Banjarbaru. (foto: koranbanjar.net)
Penerapan PPKM di Kota Banjarbaru. (foto: koranbanjar.net)

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, Level 3, Level 2 dan Level 1 untuk luar Jawa dan Bali, termasuk tiga wilayah di Kalimantan Selatan kembali dilanjutkan. Keputusan itu disampaikan Pemerintah Pusat, dan dimulai 7 hingga 20 September 2021. Di satu sisi pemerintah menyebut, kasus COVID mengalami penurunan, namun di sisi lain PPKM diperpanjang.

BANJARMASIN, Koranbanjarmasin.com – Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, di Kanal Youtube Sekretariat Presiden dalam Konferensi Pers pada Senin (6/9/21) menyebutkan untuk PPKM Level 4 di tiga Kabupaten/Kota; Banjarmasin, Banjarbaru, dan Kotabaru dari tanggal 7 hingga 20 September 2021.

Perpanjangan PPKM dua pekan ke depan ini lebih panjang durasinya dibanding pelaksanaan hal serupa di Jawa dan Bali. Dimana untuk wilayah Jawa-Bali perpanjangan PPKM hanya sampai tanggal 13 September 2021.

Ketua Young Lawyers Committe DPC Peradi Banjarmasin, M Pazri, mengatakan perpanjangan PPKM ini mengindikasikan  dugaan pemerintah inkonsisten. Di satu sisi menyatakan telah terjadi penurunan kasus Covid-19, namun disisi lain tetap memperpanjang PPKM,

“Kan aneh…, seharusnya kalau sudah terjadi penurunan, PPKM level 4 tentunya akan banyak berkurang. Logikanya, berkurangnya PPKM level 4 dengan sendirinya tidak diperlukan lagi perpanjangan PPKM” ucap Pazri kepada Koranbanjarmasin.com, Selasa (6/9/2021).

Lebih lanjut Pazri menyampaikan, saat ini pemerintah seolah tidak mendengar jeritan rakyat di mana-mana makin banyak yang terdampak pandemi Covid-19.

“Saat ini makin banyak pekerja yang di PHK akibat PPKM level 4  pergerakan masyarakat berbagai aktivitas dan usaha,UMKM masih terbatas karena adanya hambatan mobilitas. Sementara, kelas menengah ke bawah tekanan ekonominya makin sulit” imbuhnya.

Pazri mengajak untuk mencermati beberapa pekan pelaksanaan PPKM level 4 sebelum perpanjangan; keberhasilannya, berapa total sudah dana yang dikeluarkan, seperti apa parameter konkretnya, seperti apa transparansi datanya, seperti apa pengawasannya.

Kalau pun kasus positif menurun, berdasar data apa, apakah karena jumlah orang dipersiksa atau testing PCR dan tes Antigennya yang mengalami penurunan.

Tiga Instruksi Khusus Soal Kelanjutan PPKM

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) Safrizal di Jakarta, Selasa (7/9/2021), menyebutkan tiga inmendagri itu, yakni Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 39 Tahun 2021, Inmendagri No. 40/2021, dan Inmendagri No. 41/2021.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.