Persoalan Sampah di Banjarmasin, BLF : Jangan Panic Buying, Jelang Penilaian Adipura Baru Bersih – Bersih

oleh -60 views

Persoalan sampah di Kota Banjarmasin benar – benar menjadi sorotan, kali ini kritikan tajam datang dari Borneo Law Firm(BLF) Banjarmasin.

BANJARMASIN, koranbanjarmasin.com — Direktur BLF, Muhammad Pazri kepada media ini, Selasa(6/9/2021),  mengatakan, persoalan sampah yang masih dibuang tidak pada tempatnya, selain menjadi tanggung jawab Pemko Banjarmasin, warga diharapkan juga ikut mengelola limbah buangan mereka masing-masing.

“Misalnya, dengan tidak membuang sampah selain di tempat yang telah ditentukan,” ujarnya. Menurutnya, larangan membuang sampah di sembarang tempat tidak hanya sekedar memasang spanduk yang berisi ancaman dari DLH Banjarmasin.

“Karena  terbukti tidak mempan seperti di Jalan AMD Permai,Jalan Veteran serta banyak lagi titik titik menjadi keluhan warga,” ucapnya.

Untuk memastikan hal tersebut, lanjutnya, Pemko harus aktif melakukan penindakan agar lambat laun warga sadar jika menjaga lingkungan dari sampah adalah suatu kewajiban.

Sebelumnya, pengawasan disiplin membuang sampah sesuai jam yang telah ditentukan oleh Pemko sudah ada yang bertanggungjawab, yaitu Kepala Bidang Kebersihan dan Pengelolaan Sampah. Harusnya petugas pengawasan yang ditentukan tersebut  menjadi ujung tombak,  bisa juga diperbanyak petugasnya  tersebar di Kota Banjarmasin yang direkrut hingga ke level kelurahan.

Sampah berserakan di Banjarmasin.
Sampah berserakan di Banjarmasin.

Apabila sudah ada, sambungnya, para petugas tersebut dioptimalkan dalam wilayah kerjanya untuk mengawasi dan menjaga Tempat Pembuangan Sampah.

“Petugas pengawasan selain aktif menjaga kebersihan lingkungan sesuai area penugasannya, mereka juga diberikan tugas menegur warga yang akan membuang sampah sembarangan,” jelasnya.

“Jika cara itu dianggap tidak ampuh, imbuhnya, maka petugas akan mengambil foto dari pelanggar yang membuang sampah sembarangan,” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.