Peringati Maulid Nabi, Warga di Barabai Hiasi Rumah Dengan Centong dan Peralatan Dapur Bergantungan

oleh -50 views

Hari kelahiran Nabi Besar Muhammad SAW yang jatuh hari ini, Selasa, 12 Rabiul Awwal 1442 Hijriah atau bertepatan dengan Selasa 19 Oktober 2021diperingati masyarakat Barabai, Khususnya di desa Banua Budi, Kecamatan Barabai, dengan mengundang kelompok Maulid Habsy yang berada di wilayah Barabai. Menariknya dalam tradisi maulid itu, penyelenggara menghiasi langit-langit rumahnya dengan beragam perabotan rumah tangga, tidak seperti kebiasaan lainya yang selalu dhiasi dengan bunga.

BARABAI,koranbanjarmasin.com – Perayaan Maulid kali ini koranbanjarmasin.con menemui salah satu rumah warga yang melaksanakan maulid seperti tahun-tahun sebelumnya.

Namun kali ini terlihat unik, pasalnya kalau melihat kebelakang, perayaan maulid di Barabai, apalagi di rumah-rumah warga, selalu dihasi dengan berbagai benda, seperti bunga, balon dan makanan ringan yang digantung oleh yang empunya rumah.

Tapi tidak dengan yang terjadi sekarang, dimana penyelenggar tuan rumah menggantinya dengan peralatan dapur, seperti tempat nasi, centong nasi, gelas plastik, dan lain-lain.

Salah satu anggota kelompok Habsy yang kebetulan mengisi acara tersebut, Rajidin, mengaku, Umur lebih dari 30 tahun baru kali ini menemukan seperti ini.

“Biasanya cuma balon, permen, dan juga makanan ringan, kali ini bisa menemukan alat-alat dapur yang di gantung,” katanya.

Pa’i yang punya hajatan mengaku, tidak ada tujuan apa-apa cuma ingin beda dengan yang lain.

“Tidak ada maksud tertentu hanya ingin sedikit tampil beda saja, dan juga ada rejeki lebih untuk membeli peralatan dapur seperti ini,” katanya.

Peralatan dapur perabotan rumah tangga yang tergantung dalam rumah hingga ke teras rumah tersebut, direbutkan oleh warga maupun undangan yang berhadir pada acara peringatan Maulid Nabi tersebut, disaat undangan membacakan Asraqal atau berdiri sejenak sambil melantunkan bacaan Maulid Habsy.

(Mj-41/slv )

No More Posts Available.

No more pages to load.