Pemkab Banjar Kirimkan Bantuan dan Relawan ke Kalteng

oleh -13 views

Musibah banjir yang terjadi di wilayah Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah, sejak 19 Agustus 2021 kemarin. Sungguh menggerakkan hati untuk saling membantu saudara-saudara kita yang ada di Kabupaten Katingan terdampak banjir, termasuk Pemkab Banjar yang mengerahkan bantuan dan relawan.

BANJAR, Koranbanjamasin.com – Pemerintah Kabupaten Banjar dengan ini melakukan aksi peduli kemanusiaan dengan mengirimkan bantuan dan relawan.

Aksi peduli kemanusian ini dilepas oleh Bupati Kabupaten Banjar Saidi Mansyur bersama dengan Wakil Bupati Kabupaten Sayid Idrus Al Habsyi, kepala BPBD Kabupaten Banjar, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Banjar dan Direktur PD Pasar Bauntung Batuah serta camat Martapura Barat.

Dikabarkan musibah banjir terjadi hampir 20 hari lamanya, dan yang terdampak berdasarkan laporan ada 13 Kecamatan dan 67 desa dari 160 desa yang ada di Kabupaten Katingan.

Demikian Saidi mengucapkan, “Maka dari itu Pemerintah Daerah berinisiatif untuk melaksanakan aksi peduli dan hari ini kita bersama-sama Insya Allah akan memberikan bantuan berupa sembako serta uang 50 juta rupiah nanti yang akan dibawa oleh rekan-rekan yang akan ke Kabupaten Katingan,” ucapnya.

Namun dijelaskan juga oleh Kepala BPBD Kab.Banjar Irwan Kumar, bahwa aksi peduli Pemkab Banjar untuk korban bencana banjir Katingan adalah aksi solidaritas kemanusiaan yang dikoordinir Pemkab banjar bersama SKPD, Kecamatan, Desa dan organisasi kemasyarakatan unsur swasta untuk membantu meringankan beban masyarakat Kabupaten Katingan yang terdampak banjir.

“Adapun saat ini status tanggap darurat banjir untuk Kabupaten Katingan sejak tanggal 24 Agustus sampai dengan 23 september 2021 banjir melanda di 13 Kecamatan 67 desa dan 16130 jiwa dan 13013 kepala keluarga,” ungkap Kepala BPBD Kab.Banjar Irwan Kumar.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa penyaluran bantuan dari pemkab banjar dan unsur lainnya kepada pemkab Katingan, baik berupa dana sembako dan logistik lainnya tujuannya adalah untuk meringankan dampak bencana banjir yang melanda masyarakat yang wilayah Kabupaten Katingan.

Bantuan dari BPBD Kabupaten Banjar berupa dana sebesar 40 juta rupiah, mie instan 500 dus, ikan sarden 1000 Kaling, minyak goreng 150 liter, susu SGM 80 kotak, handuk 75 lembar, mukena 75 lembar, panci aluminium, ceret plastik 75 buah, piring plastik 75 buah, ceret alumunium 75 buah dan Sendok makan 200 buah.

Bantuan dari Dinas Sosial Kabupaten Banjar beras 1 ton, gula 100 kg, minyak goreng 75 liter, telur 35 kg, pakaian bekas 20 karung, mixagrip 1 dus, entrostop dewa dan anak masing masing 1 dus.

Adapun bantuan dari camat, pembakal dan masyarakat Martapura Barat berupa beras 2,5 ton, mie sedap 100 dus, gula 200 kg, sarden 10 dus, minyak goreng 100 liter, kopi 50 bungkus dan teh kotak 100 kotak.

Selain itu relawan yang diberangkatkan dari BPBD Kabupaten Banjar tujuh orang, Dinas Sosial Kabupaten Banjar 10 orang, pembakal Martapura Barat dengan armada 3 truck, 2 double kabin.

(Mj-40/slv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.