Peduli Lingkungan, Pimpinan Ponpes Darul Hijrah Martapura Dianugerahi Kalpataru 2021

oleh -66 views

Sebelumnya Zarkasyi Hasbi mendapat penghargaan Kalpataru 2021 yang akan dianugerahkan pada tanggal 14 Oktober 2021. Namun, sebelum itu dirinya juga mempunyai penghargaan lainnya yang menunjukkan bahwa kecintaannya dalam merawat dan mengelola lingkungan alam sekitar.

BANJAR, koranbanjarmasin.com – Kabag Humas Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Hijrah Ust Antung Tamin Rahman mengatakan, ada beberapa penghargaan yang diberikan kepada Zarkasyi Hasbi sebelum Kalpataru 2021, seperti dari Darjah kebesaran dan kesultanan Banjar.

“Penghargaan tersebut berupa anugerah gelar keagungan atau kehormatan untuk Zarkasyi Hasbi, atas jasa dan dedikasinya dalam menjaga, merawat dan mengembangkan kelestarian lingkungan berbasis kebudayaan Banjar,” pungkasnya. Selasa (14/9/2021)

Selanjutnya, dia juga mendapat bantuan covit-19 dari OJK peduli kepada Pondok Darul hijrah, “karena berkat didikannya Ponpes Darul Hijrah sangat mematuhi protokol kesehatan, sehingga bisa menjadi percontohan atau role model ,” ucap Antung.

Meskipun diakui untuk menjadi seperti sekarang ini, banyak perjuangan yang harus dilalui.

Diceritakan, seperti awalnya Ponpes tersebut tekstur tanahnya yang keras, berbatu dan berongga, kebakaran hutan dan lahan, sumber air terbatas dan hanya mengandalkan sumur gali lalu kering ketika kemarau.

Namun kondisi tersebut dapat dilakukan perubahan dengan terus berinovasi yang dilakukan oleh pihaknya, hingga mampu mencapai keberhasilan.

Inovasi yang dilakukan tentu saja sangat bermanfaat bagi pondok pesantren dan masyarakat sekitar untuk peningkatan kesejahteraan.

Zarkasyi Hasbi banyak mengikuti organisasi, dirinya juga anggota tim falakiyah republik Indonesia dan juga anggota hakim MTQ Nasional di Jakarta.

“Karena dia ini kan ilmu Al-Qur’an dan tafsir hadits jadi dirinya ini lah bagroundnya, lulusan dari Madinah. nah keanggotaan itu tadi yang menonjol di Jakarta sana,” kata Antung.

Kata dia, Zarkasyi Hasbi ini luar biasa mendedikasikan dirinya untuk para santri dalam mendidik, sehingga menjadikan para santri berkarakter dan harus peduli dengan alam sekitar.

Antung mengungkapkan, bahwa sebelumnya pasti sudah terbayangkan oleh Zarkasyi Hasbi tentang keyakinan, bahwa apa yang ia lakukan dengan mendirikan pondok pesantren akan bermanfaat bagi orang banyak.

Adapun, karangan bunga ucapan selamat dari berbagai kalangan seperti dari Bupati Kab. Banjar, Wali Kota Banjarmasin, dan pihak lainnya. Berjejer di depan kantor pimpinan Ponpes Darul Hijrah sejak beberapa Minggu setelah diumumkan Zarkasyi Hasbi sebagai penerima Kalpataru 2021.

“Hingga sampai hari ini pun masih ada yang memberikan ucapan selamat berupa lisan ataupun karangan bunga,” kata Antung.

(MJ-37/slv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.