Pasca Banjir, Warga Bersama Babinsa Aluan Besar Bersihkan Sampah di Sungai

oleh -15 views

Pasca meluapnya air sungai Benawa Kabupaten Hulu Sungai Tengah, menyebabkan aliran di sungai dilokasi tersebut tersumbat, akibat banyaknya sampah, ranting pohon dan juga pohon yang hanyut. Untuk mengatasi itu warga dibantu Babinsa bergotong royong membersihkan sisa-sisa tumpukan sampah.

BARABA,koranbanjarmasin.com – Dampak banjir beberapa hari yang lalu menyisakan tumpukan sampah seperti ranting, pohon, potongan kayu,serta bambu disejumlah titik di Sungai aliran kali Benawa

Salah satunya di Aluan Besar Kecamatan Batu Benawa Kab.Hulu Sungai Tengah (HST).

Babinsa Batu Benawa Serda Tajuddin bersama warga masyarakat Aluan Besar dan Paya Besar, bergotong royong membersihkan sampah yang menghambat arus air sungai, Sabtu (20/11/2021) pagi

Tanpa alat berat dan dengan peralatan seadanya Serda Tajuddin dan warga masyarakat, bahu membahu membersihkan sampah agar arus air sungai kembali normal.

Ketua BPD Aluan Besar Edi Siswsnto mengatakan tumpukan sampah ranting-ranting kayu dan bambu ini apabila tidak dibersihkan akan menimbulkan banjir.

“karena aliran sungai tersumbat sehingga air yang seharusnya mengalir dengan lancar karena adanya tumpukan sampah menjadi terhambat,” ujarnya.

Dikhawatirkan jika tidak segera dibersihkan air akan kembali meluap dan bisa merendam pemukiman warga.

“selain itu aliran airpun akan meluap merendam pemukiman warga yang berdekatan dengan sungai yaitu warga desa Aluan Besar dan Desa Paya Besar,” tutur Edi siswanto

Sementara itu Babinsa Batu Benawa Serda Tajuddin mengatakan, aksi bersih bersih bersama ini setidaknya mengurangi resiko jika air kembali meluap.

“kita gotong royong menggunakan alat seadanya, tanpa bantuan alat berat meskipun kurang maksimal hasilnya yang terpenting arus sungai sudah bisa mengalir dan sebagian sampah sudah kita bersihkan,”tuturnya.

(Mj-41/slv)

No More Posts Available.

No more pages to load.