Momen HUT ke 11 BNPP, KADIN Bidang Perbatasan Siap Lanjutkan MoU Progam Pembangunan di Perbatasan Wilayah

oleh -30 views
WKU Kadin Indonesia Bidang Perbatasan Wilayah. (foto: dok)
WKU Kadin Indonesia Bidang Perbatasan Wilayah. (foto: dok)

Di momen Hari Ulang Tahun ke 11 Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) pada 17 September 2021, Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia melalui Bidang Wilayah Perbatasan berkomitmen siap melanjutkan MoU program yang terjalin dengan BNPP, khususnya pembangunan Indonesia dari pinggiran perbatasan wilayah negara.

JAKARTA, koranbanjarmasin.com – Sebelum menyampaikan komitmen yang siap dilanjutkan dengan BNPP, segenap pengurus KADIN Indonesia menyampaikan ucapan Selamat HUT BNPP ke XI dengan tema “Perbatasan Negara Kokoh, untuk Indonesia Tangguh dan Tumbuh.”

Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia, Bidang Perbatasan Wilayah, Ir. Edy Suryadi mengutarakan, Bidang Wilayah Perbatasan merupakan salah satu bidang yang dimasukan dalam struktur KADIN Indonesia periode 2021-2026, di bawah kepemimpinan Ketua Umum KADIN Indonesia Arsjad Rasjid, yang terpilih di Munas Kendari, Sulawesi Tenggara pada 31 Juli hingga 1 Agutus 2021.

Dalam struktur KADIN Indonesia periode 2021-2026, Ketua Umum KADIN Indonesia Arsjad Rasjid telah mengangkat Edy Suryadi sebagai Wakil Ketua Umum Bidang Perbatasan Wilayah, dan masih menjabat Ketua Umum Kadin Provinsi Kalimantan Selatan.

Di momen HUT ke XI BNPP, sambung Edy, KADIN Indonesia siap menjalankan ide Presiden Joko Widido yang sudah mengeluarkan instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2021 tentang Percepatan Pembangunan di wilayah perbatasan dengan mengambil ide dasar Pembangunan Indonesia dari Pinggiran Perbatasan dengan memperhatikan Pemerataan dan Pertumbuhan Pembangunan di perbatasan.

Nah, Bidang Wilayah Perbatasan ini dibentuk dalam rangka menyesuaikan dengan struktur pemerintahan yang ada, yaitu Mitra Strategis Badan Nasional Pengelola Perbatasan yang sudah eksis selama 11 tahun berdiri di Indonesia, dinakodai Menteri Dalam Negeri merangkap Kepala BNPP, ujar Edy.

Saat ini menurut Edy, ada sekitar 15 provinsi, 54 kabupaten/kota serta 222 lokasi prioritas di kecamatan perbatasan. Karenanya setelah pelantikan Pengurus KADIN Indonesia periode 2021-2026, pihaknya akan menyambung kembali program kerja dengan BNPP yaitu, menindaklanjuti MoU yang pernah dilaksanakan tahun 2011.

Edy Suryadii menjelaskan, Bidang Wilayah Perbatasan Kamar Dagang dan Industri Indonesia, mengucapkan selamat kepada kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) yang sudah meluncurkan tiga program di tahun 2021 yaitu, program Pojok Baca Digital (POCADI) yang dibangun di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) guna meningkatkan literasi baca dan digital bagi masyarakat perbatasan.

Program peluncuran buku “Inovasi Sains, yaitu Pembangunan Perbatasan Indonesia” yang diinisiasi Forum Perguruan Tinggi untuk Perbatasan Negara (Forpertas) yang beranggotakan 11 Perguruan Tinggi Negeri, dengan koordinator Rektor Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta. Buku ini sebagai salah satu bentuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Dilanjutkan dengan program pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) bekerjasama dengan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dalam rangka mendukung program Reformasi Birokrasi, serta membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, terpercaya, akuntabel dan transparan, tutup Edy Suryadi.(sir)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.