MENGERIKAN, Penghuni Lapas Tangerang 2.072 Orang, Saat Kebakaran Satu Blok Terkunci  

oleh -42 views
Tim Inafis Mabes Polri membawa peralatan, seperti alat ukur serta kotak berisi perangkat pendukung, di Lapas Tangerang, Rabu (8/9/2021). [ANTARA/Achmad Irfan]
Tim Inafis Mabes Polri membawa peralatan, seperti alat ukur serta kotak berisi perangkat pendukung, di Lapas Tangerang, Rabu (8/9/2021). [ANTARA/Achmad Irfan]

Sungguh mengerikan peristiwa kebakaran yang terjadi pada Lembaga Permasyarakatan Kelas 1 Tangerang di Provinsi Banten terbakar, Rabu (8/9/2021). Bagaimana tidak, terkini telah terungkap bahwa penghuni lapas over kapasitas hingga berjumlah 2.072 orang. Dalam peristiwa itu, satu blok telah terkunci.

JAKARTA, koranbanjarmasin.com – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H Laoly menyebutkan kalau Lapas Klas 1 Tangerang mengalami over kapasitas hingga 400 persen. Adapun Blok C2 (Chandiri Nengga 2) yang terbakar itu terdiri dari beberapa kamar yang pada situasinya itu tengah dikunci.

“Nah, Lapas Tangerang ini over kapasitas 400 persen, penghuni ada 2.072 orang,” kata Yasonna saat konferensi pers di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur dikutip dari Suara.com, Rabu (8/9/2021).

Yasonna menjelaskan, Blok C2 itu modelnya seperti paviliun di mana terdapat beberapa kamar untuk 122 warga binaan. Kamar itu sudah dipastikan dalam kondisi terkunci sesuai dengan protap yang ditetapkan.

“Kalau enggak dikunci ya itu nanti melanggar protap,” katanya.

Kata dia, Lapas Tangerang dibangun pada 1972. Yasonna menyebut bahwa sempat ada penambahan daya, namun tidak ada perbaikan pada instalasi listrik.

Sejauh ini dugaan sementara yang muncul dari penyebab kebakaran ialah karena adanya arus pendek arus listrik. Yasonna meminta seluruh pihak untuk tidak berasumsi dan menunggu hasil penyelidikan dari pihak kepolisian.

“Biarlah Puslabfor Polri yang menentukan nanti apa penyebab kebakaran,” ujarnya.(suara.com)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.