Mengenal Tradisi ‘Maambil Bulan’ Menyambut Datangnya Maulid Nabi di Barabai

oleh -20 views

Bulan Rabiul Awal tahun 1443 Hijriah sudah terhitung masuk malam ini , Kamis (7/10/2021), hampir semua langgar dan masjid di Hulu Sungai Tengah memperingati menyambut bulan maulid (maambili bulan) dengan berbagai kegiatan keagamaan.

BARABAI,koranbanjarmasin.com – Berbeda dengan tahun sebelumnya tentang larangan kerumunan di beberapa tempat umum, termasuk tempat ibadah seperti langgar dan masjid akibat wabah covid-19 di Bumi amurakata. Tahun ini masyarakat Barabai khususnya ,menyambut bulan maulid dengan penuh gembira, karena tahun ini tidak ada intruksi dari pemerintah daerah, mengenai dilarang melaksanakan maulid dengan berkerumun di tempat umum.

Dari pantauan koranbanjarmasin.com di beberapa langgar dan masjid di seputaran Barabai dan sekitarnya, masyarakat masing-masing melantunkan sair-sair pujian untuk Rasulullah SAW disetiap langgar dan masjid.

Tidak hanya di langgar dan masjid, ada juga yang melaksanakn ma ambili bulan maulid di rumah warga, dengan mengundang kelompok Habsy di wilayah tersebut.

Ketua kelompok maulid Habsy Al-muhyii, Ahmad Faisal mengungkapkan, dirinya mengaku momen tahun ini disambut dengan gembira.

“Patut kita sambut dengan syukur bisa kembali melaksanakan kegiatan seperti ini,” ujarnya.

Ditambahkannya, tahun ini memang berbeda dengan dua tahun yang lalu.

“pasalnya dua tahun yang lalu, setiap hari ada saja yang mengadakan acara maulid ini, misalkan hidup pertama seperti malam ini di langgar masing-masing, di lanjutkan besok malam bisa di wilayah lingkungan sekitar langgar di kampung sebelah,” Ungkap Faisal.

Biasanya kalau lingkungan tempat ibadah seperti langgar atau masjid di perkampungan pasti ada yang sengaja membentuk panitia maulid.

“nah tugas panitia ini mencarikan kelompok Handil maulid yang bisa membacakan syair-syair maulid di rumah warga yang mengadakan maulid di lingkungannya,” tutup Faisal.

Lantunan syair-syair pujian terhadap Rasulullah berbeda-beda ada yang membacakan Maulid Habsy, Maulid Berjanji, dan juga Maulid Sarafal Anam.

(Mj-41/slv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.