Malam Tahun Baru Tak Ada Penyekatan dan Razia PPKM, Namun Dilarang Berkerumun

oleh -19 views
Apel persiapan pengamanan malam tahun baru di depan halaman Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin.(foto: leon/koranbanjarmasin.com)

Malam pergantian, aparat keamanan dari Polda Kalimantan Selatan beserta jajarannya, tidak melakukan penyekatan atau diberikan kelonggaran bagi masyarakat Kalimantan Selatan yang melewati perbatasan antara kota dengan kabupaten. Meski demikian masyarakat tetap tidak diperkenankan berkumpul hingga terjadinya kerumunan.

BANJARMASIN, koranbanjarmasin.com – Hal ini disampaikan Kabid Humas Polda Kalimantan Selatan, Kombes Pol M.Rifai saat dikonfirmasi media ini di ruanganya di Polda Kalsel Banjarmasin, Jumat(31/12/2021).

“Karena ini juga instruksi dari pusat, masih pemberlakuan PPKM namun kita tetap  berikan kelonggaran biar aktivitas jalan, karena ini menyangkut roda perekonomian juga jalan,” ujar Rifai

Namun lanjutnya dalam kaitannya pesta tahun baru, Polda Kalsel tidak mengijinkan suatu kegiatan keramaian yang mengumpulkan massa atau orang banyak.

Baik di tempat – tempat hotel, hiburan malam, cafe atau pun tempat umum termasuk pawai, pihaknya idak kita memberikan ijin.
“Kalau pun ada, petugas aparat keamanan akan mengimbau dan melakukan razia serta teguran, kalau tidak menurut terpaksa kita ambil tindakan,” tegasnya.

Rifai mengimbau kepada masyarakat Kalimantan Selatan agar pada malam tahun baru di rumah saja berkumpul bersama keluarga.

“Lebih baik diam di rumah, tinggal di rumah masing – masing, lakukan kegiatan positif yakni syukuran, berdoa,”imbaunya.

Karena sambungnya kalau masyarakat semua keluar, maka yang dikhawatirkan akan timbul kerumunan.

“Jika kerumunan terjadi, khawatirnya virus ini masih ada akhirnya muncul lagi entah gelombang yang keberapa lagi,” sebutnya.

Menurutnya, selama ini aparat keamanan sudah bersusah payah dan cukup lelah dengan adanya virus Covid-19 yang takan pernah berakhir ini.

“Naik lagi nanti kasus Covid-19 di Kalsel, kita sudah capek-apek kerja selama ini,” ungkapnya.

“Kalau nanti terlihat kerumunan, maka pihaknya melakukan teguran, jika masih terjadi maka akan ditindak tegas,” katanya.

Sementara petugas gabungan, baik Polri, TNI, dan Satgas Covid-19 Kota Banjarmasin yang dikerahkan dalam mengantisipasi keramaian malam pergantian tahun ini, berjumlah 6000 personel, di Banjarmasin yang tersebar di beberapa titik.

“Untuk Polda Kalsel sendiri terdiri 600 personel,” tukasnya.

(yon/slv)

No More Posts Available.

No more pages to load.