Lomba ‘Maharagu’ Sungai di Banjarmasin Dimenangkan Enam RT Dari Bansel

oleh -58 views
Penilain terhadap RT di Kelurahan Banjarmasin Selatan. (foto: leon)
Penilain terhadap RT di Kelurahan Banjarmasin Selatan. (foto: leon)

Enam Rukun Tetangga (RT) di Kelurahan Banyiur Dalam, Kecamatan Banjarmasin Selatan (Bansel), Kalimantan Selatan telah memenangkan Lomba Maharagu Sungai (Lomba Memelihara Sungai) tahun 2021.

BANJARMASIN, koranbanjarmasin.com – Di antara keenam RT yang beruntung itu adalah RT 39 dan RT 40 yang telah melakukan ‘babarasih’ di Sungai Banyiur Dalam dan Sungai Tungku.

Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina yang menyerahkan hadiah dan penghargaan atas pemenang lomba maharagu sungai ini mengatakan,  kegiatan ini digelar dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kota Banjarmasin ke 495.

“Makna lain dalam lomba tersebut ialah menjaga kearifan lokal, kemudian menjaga budaya Kota Banjarmasin yang sejak dahulu telah memanfaatkan sungai untuk berbagai keperluan hidup,” ujarnya Minggu (19/9/2021).

Sehingga lanjutnya, sangat wajar bila saat ini sungai harus selalu dijaga dan berharap dengan keterlibatan masyarakat, maka sungai dapat dipelihara kebersihannya.

Penghargaan terhadap pemenang lomba.
Penghargaan terhadap pemenang lomba.

Dikatakan, bukan hanya sekali atau dua kali, atau bukan hanya karena ada lomba atau tidak lomba, tetapi betul-betul bisa dijaga kebersihannya, sampah mungkin ada dari limbah rumah tangga tapi dibuang pada tempatnya.

“Bukan lagi dibuang ke sungai,” tegasnya mengingatkan.

Peserta dalam lomba Maharagu Sungai ini tambahnya, berjumlah sekitar 30 kelompok. Dengan banyaknya peserta lomba tersebut, artinya, saat kegiatan berlangsung setidaknya ada 30 titik sungai yang telah dibersihkan warga.

Karenannya, Politisi Partai Demokrat ini berharap, kegiatan ‘babarasih’ sungai harus terus digalakan, sehingga keberadaan semua sungai di Bumi Kayuh Baimbai benar-benar terjaga.

“Terimakasih banyak binaan dari Kecamatan, Kelurahan, dari Dinas Lingkungan Hidup, dan juga para komunitas peduli sungai sehingga sungai-sungai kita bisa jadi perhatian, kita rawat, kita jaga, supaya tetap barasih,” pungkasnya.(yon/sir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.