Kerajinan Purun Hantarkan Banjarbaru Sabet Juara 1 Festival Wisata Budaya Pasar Terapung 2021

oleh -75 views

Kota Banjarbaru berhasil meraih juara 1 dalam Festival Wisata Budaya Pasar Terapung 2021, yang digelar oleh pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, Minggu (24/10/2021) di Banjarmasin.

BANJARBARU,koranbanjarmasin.com – Festival yang berlangsung di Banjarmasin, tepatnya di Siring 0 Kilometer sejak Jumat hingga Minggu (24/10/2021) dan diikuti oleh 13 Kabupaten Kota Se-Kalimantan Selatan ini, menampilkan budaya khas daerah masing-masing.

Tahun ini Disporabudpar Kota Banjarbaru menampilkan budaya yang berasal dari Kampung Purun, dan akhirnya meraih juara 1 festival kampung Banjar se Kalsel.

Pelaksana Data Promosi Kepariwisataan Dinas Pemuda Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Banjarbaru, Rakhmad Hidayat menjelaskan, jika tema yang dipilih mengambil kebiasaan dalam budaya warga kampung Purun. Menceritakan awal mula pembuatan purun hingga menjadi karya yang sangat indah, dan menjadikan kampung Purun sebagai salah satu ikon pariwisata di Kota Banjarbaru.

“Kami mengumpulkan data selama satu minggu, menggali lebih dalam budaya mereka mulai dari mengambil bahan purun, pengeringan, pewarnaan hingga pengolahannya. Kita juga ikut sertakan Nanang Galuh Banjarbaru untuk memperkenalkan budaya Kampung Purun sendiri” tuturnya.

Disporabudpar menampilkan sebuah inovasi dan masih menggunakan marwahnya leluhur suku Banjar yang terasa kental, ketika pengunjung mampir di stand dan berkomentar tentang terasa kentalnya aroma urang Banjarnya.

Adapun, pemenang Kampung Banjar ialah, Juara 6 Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Juara 5 Kabupaten Tabalong, Juara 4 Kabupaten Kotabaru, Juara 3 Kabupaten Balangan, Juara 2 Kabupaten Tanah Laut dan Juara 1 Kota Banjarbaru.

Dengan menampilkan hal yang sesuai dengan gelora 3F seperti diarahkan oleh Bapak Wali Kota Banjarbaru, yaitu Food, Fashion and Fun.

(Jwt/slv)

No More Posts Available.

No more pages to load.