Kena PHK Dampak Pandemi Covid 19, Ismet Beralih Jualan Aksesoris Demi Bertahan Hidup

oleh -18 views

Pandemi Covid-19 membuat banyak orang kehilangan pekerjaan, seperti yang dialami oleh Ismet meski sebelumnya bekerja di sebuah toko, namun akibat pandemi dirinya terkena PHK. Alhasil dia pun beralih menjadi penjual aksesoris untuk bisa bertahan hidup.

BANJAR, Koranbanjarmasin.com — Ismet di sela sela waktu luangnya memperlihatkan sejumlah barang bawaannya berupa aksesoris, minyak harum, tasbih, gelang pukah, cincin pukah, dan aksesoris batu akik yang dia jual secara berkeliling.

Di tengah himpitan ekonomi yang serba sulit ini, dirinya terus bertahan agar asap dapur di rumahnya bisa ngepul.

Sebelum berdagang aksesoris, pria dengan perawakan sedang ini pernah bekerja di salah satu toko yang ada di Martapura, namun sejak Covid-19 mewabah, dirinya mengaku di PHK terpaksa beralih menjadi penjual aksesoris dan parfum.

“Daripada gak ada kerjaan lagi, mending saya berjualan keliling karena saya sebagai kepala rumah tangga yang punya tanggungan apalagi anak saya masih sekolah,” terangnya kepada koranbanjarmsin.com Selasa (7/9/2021)

Berjualan aksesoris dan parfum secara keliling ini, sudah dilakukanya sejak satu tahun yang lalu, di mana sejak di PHK dari kerjaan. Namun, ia mengaku pekerjaan ini hanya sanggup untuk makan sehari-hari saja tak dapat lebih.

“Jualan ini cuma sanggup buat sehari-hari aja, ibaratnya cuma buat makan ga bisa lebih,” katanya.

Ismet mengungkapkan penghasilannya sebelum adanya Covid berjalan dengan baik dan normal saja.

Ismet mengaku benda dan barang ia bawa tersebut, mengambil langsung dari toko-toko dan dia jual kembali dengan cara berkeliling.

“Barangnya saya ambil dari toko-toko, jadi ngambil untung sedikit-sedikit nanti kalo barang dagangan mulai menipis ditambah lagi jualannya dari untung berjualan,” tuturnya.

Meski begitu Ismet berharap pandemi ini cepat berlalu, sehingga aktivitas warga khususnya para pedagang tak dibatasi lagi, terlebih sepinya pembeli menjadikan pukulan tersendiri bagi pedagang.(mj-40/slv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.