Keindahan Tersembunyi di Goa Liang Hadangan HST dan Cerita Mistisnya

oleh -61 views

Kabupaten Hulu Sungai Tengah memang dikenal banyak memiliki tempat keindahan alam yang tersembunyi, seperti beberapa lokasi di deretan pegunungan Meratus misalnya, yang sudah dikenal banyak orang bahkan hingga ke mancanegara, dengan kondisi hutanya yang masih perawan dan hujan trofis serta budaya kearifan lokalnya yang masih terjaga .

Tidak hanya pegunungan, ternyata di Kabupaten Hulu Sungai Tengah tepatnya di desa Murung A, Kecamatan Batu Benawa, juga menyimpan keindahan yang luar biasa, yakni Goa Liang Hadangan.

BARABAI,koranbanjarmasin.com – Berjarak sekitar 8 km dari kota Barabai, Desa Murung A, Kecamatan Batu Benawa, Kabupaten Hulu Sungai Tengah dapat ditempuh melalui jalur darat dengan naik mobil atau motor sekitar 15-20 menit. Ditambah rute perjalanan dari Desa Murung A menuju Gua Liang Hadangan berjarak 1,5 km.

Namun karena motor hanya bisa sampai di tepi atau lereng pegunungannya saja, lantaran akses jalan yang rusak akibat adanya jalur pertambangan batu gunung, mengharuskan kita harus berjalan kaki sekitar 15 menit menuju Gua Liang Hadangan, dengan jarak sekitar 600 meter.

Goa Liang Hadangan berada diantara deretan keempat arah barat dari Gunung Batu Benawa, yang memiliki panorama menakjubkan. Selain keindahan hutan di sekitar goa, selain itu di dalamnya juga memiliki keunikan tersendiri.

Goa Liang Hadangan HST (foto : Ramli, koranbanjarmasin.com)

Konon menurut cerita goa ini juga memiliki kisah pada zaman dahulu, dimana diceritakan Raden Pangantin anak durhaka yang disumpah Diang Ingsun ibunya sehingga menjadi batu.

Kisah ini dituturkan secara lisan maupun dikemas dalam sebuah buku yang selalu melekat dalam masyarakat Tanah Banjar sampai sekarang ini.

Sesungguhnya, Goa Liang Hadangan ini merupakan objek wisata yang sangat strategis di Kabupaten HST, khususnya Kota Barabai dan Kalimantan Selatan umumnya.

Di wilayah ini juga dijumpai Goa bawah tanah yang di dalamnya terdapat aliran sungai yang cukup deras. Belum pernah dilakukan penelitian kemana sebenarnya arus sungai tersebut berujung. Dimusim kemarau biasanya para pemancing yang bernyali tinggi, akan memancing di goa tersebut. Dan banyak cerita hal gaib lain yang beredar perihal goa bawah tanah tersebut.

Menilik dari keunikan yang terkandung dalam goa Liang Hadangan, selain menjadi objek pariwisata yang potensial juga menjadi tempat penelitian bagi para ahli.

Goa Liang Hadangan HST. (Foto : Ramli, koranbanjarmasin.com)

Menurut masyarakat setempat bahwa di dalam Goa Liang Hadangan itu terdapat batu-batu berupa manusia, hewan ternak, perabotan rumah tangga dan peralatan kapal.

Nah bagi anda yang suka berwista atau berpetualang tidak ada salahnya mengunjungi goa yang satu ini, selain melihat hiasan pemandangannya yang indah, cerita mistis dibalik keindahan goa ini juga menarik untuk ditelusuri.

(Mj-41/slv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.