Ironis! Tumpukan Sampah di Eks Pasar Bauntung Banjarbaru Tunggu Pembongkaran, Baru Sekalian Dibersihkan

oleh -18 views

Banyaknya tumpukan sampah di eks pasar Bauntung Banjarbaru pasca direlokasinya sejumlah pedagang, membuat lokasi tersebut semakin terlihat kumuh dan tak terawat.

Ironisnya permasalahan itu bukanya diambil langkah cepat oleh Dinas terkait, seperti Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Perdagangan setempat. Namun mesti menunggu kios pasar tersebut dibongkar terlebih dahulu.

BANJARBARU, koranbanjarmasin.com – Diketahui kondisi terkini eks Pasar Bauntung Banjarbaru yang berada di Jalan Lanan Pasar Banjarbaru, tampak kumuh karena tumpukan sampah dan diperparah dengan sisa-sisa kebakaran.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarbaru Sirajoni menyebutkan, terkait masalah itu merupakan wewenang dari Dinas Perdagangan.

Tanyakan saja ke Dinas Perdagangan, karena mereka yang memiliki wewenang,” jawabnya, Selasa (28/9/2021).

Dikatakannya, pihaknya selama ini sudah sering memangkut sampah yang ada di eks Pasar Bauntung.

“Kami sudah sering membantu mereka untuk membersihkan sampah yang ada di lokasi itu, tapi masih saja ada,” katanya

Menanggapi hal tersebut, Kadisdag Kota Banjarbaru, Abdul Basid mengatakan, kemungkinan ada rencana bangunan eks pasar Bauntung akan dibongkar.

“Saya dengar ada rencana bangunan tersebut akan dibongkar, kalo ini bisa dilaksanakan maka sekalian juga dilakukan pembersihan sampah,” tuturnya, Rabu (29/9/2021).

Namun, pihaknya tidak paham betul di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) mana nanti pengerjaannya.

Kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan bersama, menjadi salah satu penyebab masih banyaknya oknum warga yang membuang sampah di lokasi tersebut dan semakin banyak.

Selain kumuh dampak lain jika tumpukan sampah di eks pasar Bauntung itu dibiarkan begitu saja, maka kondisi lingkungan di sekitar itupun rentan tehadap penularan berbagai penyakit, yang bedampak kepada kesehatan manusia, begitu juga jika musim penghujan tiba maupun air pasang, maka sangat membahayakan bagi ingkungan.

(Jwt/maf/slv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.