Hindari Tabrakan, Truk Pengangkut Semen di Tabalong Masuk Parit Hingga Akibatkan Kemacetan Panjang

oleh -10 views

Sebuah truk besar bermuatan semen nyungsep ke parit akibat menghindari terjadinya tabrakan dengan kendaraan lain. Peristiwa itu terjadi di Jalan Trans Kalsel – Kaltim Kabupaten Tabalong. Akibatnya kemacetan sepanjang satu kilometer selama kurang lebih delapan jam itupun tak terhindarkan, dikarenakan bagian balakang truk yang menghalangi hampir seluruh ruas jalan.

TANJUNG,koranbanjarmasin.com – kemacetan panjang terjadi akibat sebuah truk angkutan semen yang mengalami insiden hingga menutup sebagian badan jalan, peristiwa itu terjadi di lintas Jalan Trans KalselTim, tepatnya di Desa Kasiau Raya, Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong, Senin (15/11/2021).

Menurut Kapolsel Murung Pudak, Iptu Samsu Suargana, kemacetan terjadi sejak senin dini hari.

“Kejadian terjadi sekitar subuh 02.00 wita tanggal 15 November,” ungkapnya di temui di lokasi kejadian.

Samsu menjelaskan, kemacetan panjang ini terjadi bermula saat sebuah truk angkutan semen berada di tanjakan, Ketika sedang melintas, truk tersebut kemudian disalip oleh tiga buah mobil minibus.

Dua minibus pertama dan kedua berhasil menyalip. Sedangkan satu minibus lainnya masih berada di belakang truk.

“Ternyata dibelakang ada lagi avanza yang mengiringi dan ingin menyalip, sehingga agar menghindari terjadinya tabrakan dengan mobil itu, ia selaku driver membanting stir ke kiri dan akhirnya masuk ke parit,” jelas Samsu.

Bagian depan truk yang sudah masuk ke parit membuat bak belakangnya menutupi sebagian badan jalan, sehingga mengakibatkan macet berjam – jam sejauh kurang lebih satu kilometer, baik yang dari arah Kalsel menuju Kaltim maupun sebaliknya.

Kondisi tersebut diperparah dengan kondisi ukuran jalan yang hanya dapat dilintasi oleh kendaraan roda dua dan mobil berukuran kecil. Akibatnya banyak pengguna jalan terjebak macet seperti truk.

Kemacetan terjadi hampir delapan jam, yakni sejak pukul 04.00 WITA dini hari, dan baru pukul 12.00 WITA baru dapat keluar dari kemacetan.

Selanjutnya, untuk mengurai kemacetan petugas Polsek Murung Pudak mengarahkan sebagian mobil berukuran besar melewati jalur alternatif yakni, ke arah sirkuit Marido. Sedangkan truk yang tereperosok ke parit agar dapat dievakuasi, muatan material berupa semen itu pun dipindahkan ke truk lain.

“Muatan semennya kurang lebih 1000 sak, karena pekerja yang bongkar semen ini 10 orang, sehingga pekerjaan baru selesai kurang lebih pukul 13.00 wita,” terang Samsu.

Setelah seluruh semen sudah dipindahkan, truk akhirnya dapat dievakuasi dan arus lalu lintas kembali lancar seperti semula.

(Mj-42/slv)

No More Posts Available.

No more pages to load.