Hidran PDAM Bandarmasih di Belakang Mitra Plaza Hampir Terlepas, Diduga Ada Upaya Pencurian

oleh -30 views
Hidran Air (foto: Ilustrasi/Internet)

Ditengah warga Kota Banjarmasin sedang kebanjiran, seorang pencuri hidran milik PDAM Bandarnasih beraksi.

BANJARMASIN,koranbanjarmasin.com – Beruntung pencurian kepala hidran yang berada di belakang Mitra Plaza Banjarmasin tersebut berhasil digagalkan.

Manager Transmisi dan Distribusi (TRD) Zulbadi, Selasa(7/12/2021) di Banjarmasin menjelaskan,Pada pukul 20.00 Wita hari Senin (06/12/2021) masuk laporan dari masyarakat terkait kebocoran air.

Saat di lokasi Tim Penanganan Kebocoran Air PDAM Bandarmasih justru menemukan kepala hidran hampir terlepas menyisakan dua baut saja. Kemudian petugas PDAM Bandarmasih dengan sigap mengamankan dan menutup jalur air untuk sementara pada Senin malam pukul 20.30 Wita.

“Dua baut lagi itu akan lepas, dan airnya sudah mulai keluar. Berat kepala hidran ditaksir lebih dari 50 kg,” ungkapnya.

Zulbadi sangat berterimakasih terhadap warga yang telah melaporkan ke PDAM Bandarmasih, pasalnya berkat laporan tersebut mereka berhasil menggagalkan rencana pencurian kepala hidran itu.

Hidran yang terletak di belakang Mitra Plaza, tepatnya di Jalan Sempurna, Gang Bahagia, itu akhirnya langsung diamankan oleh PDAM Bandarmasih.

Memang, Hidran bukanlah milik perusahaan air minum itu melainkan Dinas Pol PP dan Damkar namun, airnya menggunakan air milik PDAM

“Jadi kami berinisiatif mengamankan. Untuk jalur airnya kami dop sementara,” ucapnya.

Ia sangat menyayangkan rencana pencurian ini, sebab akan sangat merugikan masyarakat. Dampak sosial ekonominya akan cukup besar, air yang terbuang, tekanan air yang menurun hingga air macet ke pelanggan.

Zulbadi juga menyebutkan sejak awal pandemi, rencana pencurian kepala hidran ini merupakan yang pertama kali, sebelumnya yang kerap dicuri ialah meter air dan penutup valve.

Ia berharap masyarakat mau berpartisipasi pro aktif melaporkan ke Kepolisian di 110 atau ke Call Center PDAM Bandarmasih di 05113252541 apabila mengetahui atau melihat adanya tindakan pencurian peralatan PDAM Bandarmasih.

Ketua Pemadan Kebakaran (PMK) Kuripan, Taufikurrahman juga turut meminta agar masyarakat sama-sama menjaga hidran di sekitar, sebeb hidran sangat dibutuhkan ketika terjadi bencana kebakaran.

“Hidran penanggulangan pertama yang dilakukan oleh anggota PMK, BPK kita saat bencana kebakaran,” jelasnya.

Sebagai anggota aktif di PMK Kuripan, ia sering mencek kondisi hidran di sekitar Kota Banjarmasin, apakah masih bagus atau ada permasalahan. Ia sangat menyayangkan ada yang ingin mencuri hidran tersebut, apalagi posisinya sangat dekat dengan pemukiman masyarakat.

“Jadi saya memohon kepada masyarakat untuk sama-sama kita menjaga keutuhan hidran ini karena sangat berguna untuk membantu masyarakat khususnya ketika terjadi bencana kebakaran,” pintanya.

(yon/slv)

No More Posts Available.

No more pages to load.