Demi Mendongkrak Perekonomian Desa Taniran, Warganya Diberikan Pelatihan Pembuatan Kain Sasirangan

oleh -3 views

Desa Taniran Selatan kembali melaksanakan kegiatan pelatihan untuk warganya dibidang pembuatan kain sasirangan, Kamis(25/11/2021) siang. Pelatihan tersebut dilakukan untuk mendongkrak perekonomian masyarakat disana.

KANDANGAN,koranbanjarmasin.com – Kain sasirangan adalah kain tradisional khas di Kalimantan Selatan, dengan berbagai motif yang unik dan indah, serta teknik pewarnaannya juga khusus yang biasanya menggunakan dari bahan pewarna alami, sehingga masih banyak diminati di berbagai daerah, khususnya di Kalimantan Selatan.

Melihat potensi itu, beberapa warga di Desa Taniran diberikan pelatihan tata cara pembuatan kain sasirangan, 40 peserta yang mengikuti pelatihan ini, akan diberikan teknik dasar pembuatan sampai empat hari kedepan.

Kepala Desa Taniran Selatan Pahrudin mengatakan, tujuan diselenggarakannya pelatihan pembuatan kain sasirangan ini, untuk mendorong perekonomian di wilayah Desa Taniran Selatan pada khususnya dan umumnya Kecamatan Angkinang.

“harapan kami nantinya mereka bisa memproduksi atau membuat hasil kerajinan dari pembelajaran, sehingga mereka akan bangga memakai sasirangan buatan mereka sendiri,” ucapnya.

Karena masih dimasa pandemi, jumlah peserta dibatasi agar tidak terjadi kerumunan sehingga seluruh peserta pun diimbau mematuhi protokol kesehatan.

Kedepan dengan pelatihan ini, Kades setempat ingin hasil poruksi warga desa tersebut dapat dipasarkan.

“kami akan mengembangkan pembuatan kain sasirangan ini melalui Badan Usaha Milik Desa, dimana ke 40 peserta ini harapan kami kedepannya satu hari bisa memproduksi 40 lembar kain sasirangan, dengan harapan pihak Pemkab. HSS dan juga Kecamatan Angkinang akan memesan produk sasirangan di Desa Taniran Selatan”, katanya.

(Mj-41/slv)

No More Posts Available.

No more pages to load.