Bupati Banjar Saidi Mansyur Gratiskan Tes Swab Antigen, Bagi Peserta Tes CPNS dan PPPK

oleh -18 views

Pemerintah Kabupaten Banjar memberikan layanan gratis swab antigen, bagi warganya yang hendak mengikuti seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2021

BANJAR, Koranbanjarmasin.com – Adapun persyaratan yang harus dibawa nantinya saat melakukan gratis tes swab antigen yakni Kartu Tanda Penduduk (KTP) Domisili Kabupaten Banjar dan Kartu Peserta Ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Tahun 2021. Hasil Tes Antigen sendiri berlaku selama 1 X 24 Jam dan dapat digunakan saat nanti mengikuti ujian SKD.

Bupati Banjar, Saidi Mansyur saat dimintai konfirmasi mengenai tes swab antigen tersebut mengungkapkan, diberikannya secara gratis demi kelancaran putra-putri daerah saat mengikuti ujian SKD.

“Kami ingin memberikan kelancaran itu putra-putri daerah yang ada di Kabupaten Banjar saat pelaksanaan tes CPNS dan PPPK nanti,” tuturnya.

Sementara tes CPNS baru diselenggarakan ditahun ini, sebab tahun kemarin tidak diselenggarakan. Hal ini dikhawatirkan banyak calon yang akan mengikuti tes, sehingga riskan terjadinya kerumunan.

Menanggapi hal itu Saidi Mansyur menegaskan mengenai waktu pelaksanaan tes tersebut, nantinya akan disampaikan oleh Panitia Seleksi.

“Apakah akan di laksanakan di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) atau di seluruh Puskesmas, nanti akan disampaikan panitia seleksi. Mudahan-mudahan ini dapat membantu dan kami doakan mudah-mudahan sukses dan juga lancar,” bebernya.

Dalam kesempatan berbeda, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, dr. Diauddin menerangkan lebih rinci mengenai kebijakan ini.

Kebijakan Bupati Banjar untuk mengratiskan tes swab antigen ini hanya berlaku bagi warga Kabupaten Banjar yang mengikuti tes CPNS dan PPPK di Kabupaten Banjar.

“Untuk warga Kab. Banjar yang ikut tes di daerah lain atau instansi lain tak termasuk kebijakan tersebut. Jadi kita hanya memfasilitasi mereka yang ikut tes ditempat kita,” ucapnya.

Berlaku juga untuk warga daerah lain yang mengikuti tes CPNS dan PPPK di Kab. Banjar, mereka harus melakukan tes swab antigen secara mandiri.

Namun dari pelaksanaan tes swab antigen di Kabyparen Banjar tergantung dengan domisili warga,

“jadi datang saja ke puskesmas terdekat dengan membawa persyaratan yang di perlukan dan hasilnya hanya berlaku selama 1 kali 24 jam saja,” ujar dr. Dia.

Diketahui alat tes swab antigen yang dimiliki saat ini berjumlah 8.000 set alat rapid tes antigen, dikatakan nantinya cukup untuk jumlah peserta ujian SKD yang diperkirakan berjumlah 3.000 peserta.

Lebih lanjut Diauddin menerangkan, pelaksanaan Ujian SKD di Kabupaten Banjar nanti tak dilakukan secara sekaligus, namun akan dibagi selama enam hari.

“Agar tak ada penumpukan dan pelayanan di puskesmas, jadi tes swab antigen nanti dilakukan secara bertahap,” jelasnya.

Khusus untuk peserta ujian SKD yang akan mengikuti ujian pada hari Senin, maka tes swab antigen tetap akan dilaksanakan pada hari minggu.

“Banyak juga yang tanya ke kita tentang ini. Kan puskesmas ditempat kita tutup pada hari minggu dan tak mungkin melakukan tes swab antigen pada hari sabtu. Jadi pelaksanaannya akan kita lakukan di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kab. Banjar yang tetap buka pada hari minggu,” tutupnya.

(Mj-40/slv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.