BI Turunkan Suku Bunga 6 Kali, Pengusaha pun Senang

oleh -20 views
BI Turunkan Suku Bunga

Kamar Dagang danIndustri (KADIN) Indonesia menyambut baik kebijakan suku bunga rendah yang telah diturunkan Bank Indonesia sebanyak 6 kali sejak tahun lalu. Setidaknya suku bunga acuan telah turun 115 persen dan dipertahankan di angka 3,5 persen.

JAKARTA, koranbanjarmasin.com – KetuaUmum KADIN Indonesia, Arsjad Rasjid mengatakan kebijakan suku bunga rendah ini disambut positif para pelaku dunia usaha. Kebijakan ini membuat para pengusaha sedikit bernafas lega di tengah ketidakpastian akibat pandemi Covid-19.

“Kadin sambut baik Bank Indonesia turunkan suku bunga sebanyak 6 kali, 115 bps sejak tahun lalu dan dipertahankan di angka 3,5 persen, terendah sepanjang sejarah,” kata Arsjad dalam Kongres ISEI XXI dan Seminar Nasional 2021, Jakarta, Selasa (31/8/2021).

Kebijakan suku bunga rendah ini juga sejalan dengan inflasi yang masih rendah. Maka, penurunan suku bunga dinilai bisa menjaga stabilitas sistem keuangan di tengah lambatnya roda perekonomian berputar.

Selain itu, Arsjad menyebut Bank Indonesia telah menambah likuiditas kepada perbankan hinggaRp 101 triliun. Lalu melakukan quantitative easing sebesar Rp 827,7 triliun atau 5,4 persen dari PDB.

“BI juga tambah likuiditas perbankan sebanyak Rp 101 triliun sejak tahun lalu,” kata dia.

Selain bank sentral, regulator lainnya yakni Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga telah memberikan kebijakan restrukturisasi kredit untuk dunia usaha. Kebijakan ini kata Arsjad sangat membantu para pelaku usaha yang terpaksa menurunkan produksinya karena aktivitas konsumsi masyarakat yang menurun. Kebijakanini pun terus diperpanjang OJK hingga Maret tahun 2022.

“Kami sambut perpanjangan kebijakan ini sampai tahun depan,” kata dia.

Sampai Juni 2021, secara bulanan pertumbuhan kredit sudah mengalami perbaikan. Tercatat pertumbuhannya mencapai 41,25 persen. Kredit modal kerja dalam periode yang sama juga tumbuh 17,30 persen dan kredit konsumsi tumbuh 8,8 persen.

Hanya saja penyebaran varian delta Covid-19 membuat dunia usaha kembali goyah karena kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) ketat selama bulan Juli dan 2 pekan di bulan Agustus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.