Bawaslu Kalsel Sebut Tindakan Oknum Sekretariat Bawaslu Banjar Mencoreng Nama Baik Lembaga

oleh -72 views

Menyikapi perbuatan salah satu oknum pejabat di Sekretariat Badan Pengawas Pemilu(Bawaslu) Kabupaten Banjar, yang dianggap memalukan dan mengecewakan lembaga penyelenggara pemilu, akibat dugaan penyelewengan dana hibah Rp.1,2 miliar. Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan menyayangkan dan mengaku sangat kecewa karena telah mencoreng citra Bawaslu.

BANJARMASIN,korabbanjarmasin.com – Pernyataan ini diungkapkan oleh Kepala Sekretariat(Kasek) Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan, Teuku Dasya Kusuma Putra ketika dimintai tanggapan oleh meda ini, Jumat(17/9/2021).

“Seharusnya ini tidak boleh terjadi, kita sangat menyayangkan dan apa yang dilakukan oknum ini mencoreng citra Bawaslu dalam menghadapi persiapan kegiatan mendatang, pokoknya kita sangat kecewa,” tutur Dasya panggilan akrabnya melalui telepon.

Karena katanya, penggunaan dana hibah senilai Rp.1,2 miliar itu harus jelas laporan dan ada pertanggungjawabannya, dilarang digunakan untuk kepentingan pribadi, harus sesuai dengan peruntukannya berdasarkan ketentuan yang berlaku.

Disinggung alibi oknum ini bahwa dirinya telah dirampok, Dasya tegas membantah bahwa keterangan oknum yang bukan pegawai organik/internal Bawaslu yakni pegawai Pemda ini tidak benar.

“Saya katakan itu tidak ada, karena kita melihat perkembangannya kasus ini dia sudah tidak kooperatif, jadi apa yang dikatakannya tidak benar,” cetusnya.

Sehingga sambungnya Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan meminta Bawaslu RI menurunkan Tim Pengawas Internal(audit)  untuk melakukan penelusuran lebih mendalam.

“Kita berharap dan mendorong kasus ini cepat selesai dan terungkap, dan siapa yang terlibat dalam hal ini harus diberi sanksi tegas,” tandasnya.

“Dan sekali lagi kita tidak serta merta menggunakan uang ini, karena ini kan uang negara,” imbuhnya.

Oknum Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Banjar diduga telah melakukan tindak korupsi terhadap dana hibah Pilkada Banjar tahun 2020-2021 yang dikucurkan Pemerintah Kabupaten Banjar. Bahkan kasus dugaan tindak korupsi ini sudah diselidiki pihak Satreskrim Polres Banjar sejak tiga minggu yang lalu.

Penelusuran koranbanjar.net dalam beberapa hari terakhir, kasus dugaan tindak korupsi di Bawaslu Kabupaten Banjar ini, sudah mulai terendus banyak pihak, termasuk oleh Satreskrim Polres Banjar.

Diduga kuat, tindakan koruptif dilakukan oknum Sekretariat Bawaslu Kabupaten Banjar yang melibatkan oknum-oknum sejumlah Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di Kabupaten Banjar.

(yon/slv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.