Banjar Mural Festival 2021, Karya Seni Merespon Pandemi

oleh -18 views
Banjar Mural Festival 2021

Banjar Mural Festival 2021 hadir untuk membaca wacana bagaimana mural memiliki manfaat terhadap kejadiaan hari ini. Lewat karya seni mural, diharapkan  bisa memberikan dampak positif terhadap pandemi, terhadap kekayaan lokal dalam menghadapi banyak persoalan.

BANJARBARU, koranbanjarmasin.com – Acara Banjar Mural Festival 2021 akan berlangsung pada 12-17 Oktober 2021 dengan mengangkat tema Seni Adalah Upaya. Direktur Festival Novyandi Saputra, S. Pd, M. Sn menyampaikan Banjar Mural Festival adalah upaya sebagai gerakan jalan tengah yang memiliki tujuan positif dari berbagai arah.

Seni Adalah Upaya

“Kita ingin menyampaikan bahwa mural sebagai karya seni memiliki manfaat sangat positif dalam memberi pesan, wacana, kritik atau apa pun terhadap perkembangan kota dan kemajuan kebudayaan sebuah kota. Dalam hal ini khususnya terhadap pandemi dan kekayaan lokal yang melingkupinya,” ujarnya dalam jumpa pers di Garis Kota Workspace & Resto, Banjarbaru, Sabtu (9/10/2021).

Lebih jauh Novy menjelaskan, gerakan ini sebagai upaya agar mural sebagai karya seni tidak kehilangan kepercayaan positif dari semua pihak. “Itulah alasan tema kegiatan ini diberi nama “Seni Adalah Upaya”. Kita mengupayakan bersama-sama agar mural bisa dipandang secara estetis, dan mampu berkontribusi secara konkrit terhadap kondisi zaman,” ungkapnya.

Event Kolaboratif

Jumpa Pers Banjar Mural Festival

Menariknya, Banjar Mural Festival 2021 direncanakan berlangsung di dua kota sekaligus, Banjarbaru dan Banjarmasin.  Pembukaan akan dilakukan Walikota Banjarbaru HM Aditya Mufti Ariffin, dan penutupan oleh Walikota Banjarmasin Ibnu Sina.

Ditegaskan Novy, even ini merupakan embrio untuk acara yang lebih besar ke depannya dan akan melibatkan banyak pihak. “Kita ingin semua terlibat dan saling berkolaborasi. Baik dari pelaku kreatif, pemerintah hingga swasta, pihak media, dan berbagai komunitas yang ada. Kita ingin kesenian dapat berkembang dan hidup di ruang-ruang kota,” harap Novy.

Terkait hal itu, Founder Semangat Muda Putra Qomaluddin sekaligus penyelenggara kegiatan menyebutkan, even ini murni kerjasama semua pihak. “Tidak ada profit di dalamnya untuk mencari keuntungan. Justru kami mengajak banyak pihak untuk terlibat agar acara ini bisa dijadikan semangat kebangkitan ekonomi kreatif di tempat kita,” ujarnya.

Disebutkan Qomaluddin, dalam kegiatan ini hampir semua rangkaian acara berangkat dari sumbangsih para teman-teman. “Banyak kawan dari komunitas seperti anak-anak motor dan relawan ikut mensukseskan acara ini, termasuk rekan-rekan media. Terimakasih atas partisipasinya,” imbuh Qomaluddin.

Senada hal tersebut, masih dalam jumpa pers, Novy menjelaskan keterlibatan berbagai pihak seperti sponsor, pemerintah dan kawan-kawan komunitas.

“Kita menganalogikan jika pemerintah daerah seperti ibu, maka pihak swasta adalah seperti bapak. Fungsi dan peran mereka untuk mengayomi para insan kreatif untuk bisa menyalurkan bakat dan ekspresinya. Jadi, semua yang terlibat, adalah bentuk kolaborasi berbasis pemberdayaan,” pungkas Novy.

Banjar Mural Festival ini didukung oleh Pemerintah Kota Banjarbaru, Pemerintah Kota Banjarmasin, , Restu Guru Group, Pelindo, Amanah Borneo Park, , Yayasan Amnesia, Dewan Kesenian Banjarmasin, Manajemen Intalu, DPD Asparnas Kalsel, Syihab Group, Gudang Garam, Moodbooster, serta sejumlah media online, salah satunya adalah koranbanjarmasin.com jaringan Media Banjar Network.

Lokasi Pelaksanaan dan Muralis

Seperti yang direncanakan, ada sepuluh titik pelaksanaan . Di Kota Banjarbaru berada di Amanah Borneo Park, Mengoffee, Siang Malam, Coffee Cub dan Big Coffee. Sedangkan di Kota Banjarmasin, titik mural antara lain dinding Pelindo Jalan RE Martadinata, Summer, 101 Coffee, The Jumpa Square dan Oettara Koffiee.

Para muralis yang lolos kurasi dan terlibat ada 19 orang. Yakni, di Kota Banjarbaru adalah Tio Epenk, Hefni Priadi, Lintang Fauzi, Gamas, Andri Ramadhani, Jerry, Bagus, M Nurhadi, Nabila, dan Sinyo.  Sementara di Banjarmasin dilaksanakan oleh Jeffry Andika, Arnet, Andrian Yusianto, Innasya Tania, Fatur, Adi, Rizky Setiawan, Ramadhani, dan Dhea Qistina. (hip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.