Bamasung III Tahun 2021 Berakhir, Satu Ton Sampah Berhasil Dibersihkan dari Sungai Tabalong

oleh -29 views

Gelaran event Balarut Maharagu Sungai (Bamasung) III tahun 2021 hari ini, Minggu (28/11/2021) berakhir. Sebanyak 19 tim dengan menggunakan rakit berpelampung ban bekas berhasil mencapai titik finish di Desa Pudak Setegal, Kecamatan Kelua, Kabupaten Tabalong. Dalam event itu peserta berhasil mengumpulkan satu ton sampah.

TANJUNG,koranbanjarmasin.com – Acara ditutup oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Rowi Rawatianice dan dihadiri aparat desa setempat.

Dalam sambutannya, Rowi mengatakan, total hasil sampah yang didapat oleh peserta selama mengarungi tabalong jumlahnya sangat luar biasa, yakni mencapai kurang lebih satu ton.

“Kalau kita total bisa hampir satu ton dapat sampah. Ini sesuatu yang luar biasa,” katanya dalam sambutan.

Rowi juga menyebutkan, animo masyarakat dalam menyambut even Bamasung ini sangat tinggi.

“Ketika kita lewati disetiap jembatan kita disambut meriah oleh masyarakat,” katanya.

Lebih lanjut Rowi berharap, kampanye untuk melestarikan Sungai Tabalong bukan dilakukan hanya pada saat ada event Bamasung.

“Tidak hanya di Bamasung dimanapun kita berada mari kita gaungkan bahwa sampah itu masalah bagi dan sungai itu berkah bagi kita,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Kegiatan, Haris Fadillah mengatakan, kedepan event Bamasung akan terus digelar rutin tiap tahunnya, bahkan dengan skala kegiatan yang lebih luas.

“Tidak hanya seTabalong tapi kita wacanakan akan kita gelar seKalimantan Selatan, dan tidak menutup kemungkinan bisa juga seKalimantan,” jelasnya.

Adapun dari 19 peserta yang turut serta dalam even Bamasung kali ini, 9 tim ditetapkan sebagai juara yang terbagi dalam tiga kategori yakni, Sampah terbanyak, Lanting Terbaik dan Lanting terheboh.

Berikut daftar pemenang Bamasung III tahun 2021 :

Kategori sampah terbanyak
1.Haing barami
2.Repala barata
3.UPBS M76

Kategori lanting terbaik
1.UPBS Pulantan Jaya
2.Tangkarawak Borneo Kambitin
3.SMKN 1 pugaan

Kategori lanting terheboh
1.UPBS Assyuhada
2.UPBS Reinkarnasi
3.Pks muda

(Mj-42/slv)

No More Posts Available.

No more pages to load.