Antisipasi Gangguan Kelistrikan, Lapas Kelas II B Banjarbaru Lakukan Instruksi Ditjenpas

oleh -21 views

Pasca musibah kebakaran di Lapas Kelas 1 Tangerang beberapa waktu lalu, Direktorat Jendral Pemasyarakatan menginstruksikan seluruh Lapas di Indonesia, untuk memeriksa instalasi listrik di setiap blok.

BANJARBARU, koranbanjarmasin.com – Kejadian itu, menelan korban jiwa puluhan orang karena tak sempat menyalamatkan diri.

Hal itu pun jadi perhatian Ditjenpas, hingga menginstruksikan seluruh Lapas di Indonesia untuk memeriksa instalasi listrik.

Lapas Kelas II B Banjarbaru yang menerima surat instruksi, dan langsung melakukan pemeriksaan instalasi listrik di seluruh bangunan di Lapas.

“Pasca kebakaran di Lapas Tangerang, langsung memeriksa instalasi listrik seluruh blok setelah diinstruksikan Kalapas Banjarbaru,” ucap Kasi Administrasi dan Keamanan Lapas Kelas II B Banjarbaru Samuel Siregar.

Dikatakannya, hasil dari pemeriksaan yang dilakukan pihaknya, tidak ada menemukan potensi berbahaya. “Pemeriksaan kita lakukan perblok, dari A sampai Z dan perkamar,” katanya.

Pemeriksaan memang telah dilakukan secara rutin setiap minggunya.

“Satu minggu sekali ada pemeriksaan tiap kamar, juha kita lakukan pemeriksaan jika ada yang curi-curi listrik,” ungkapnya.

Untuk perawatan berkala, dikatakannya tidak bisa dilakukan karena tidak ada ahli dibidang tersebut. Paling tidak, pihaknya memeriksa beberapa panel, dan bila ada kabel yang ruwet diperbaiki.

“Jadi kita minta bantu dari pihak PLN, dan sudah kita koordinasikan. Tinggal menentukan kapan waktunya, dan apa kurangnya instalasi kita,” sebutnya.

“Perlengkapan pemadam seperti APAR juga kita ada, tapi tidak ditempatkan di setiap blok. Kita juga berencana bekerja sama dengan BPK,” tambahnya.

Untuk di Lapas Kelas II B Banjarbaru, totoal narapidan ada 1862 orang, dan tahanan luar sekitar 150 orang. Tiap blok diisi napi dengan bervariasi, rata-rata 100 orang ke atas.

(maf/slv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.